Kriteria 4 : Tidak Shalat Wajib (Meninggalkan Shalat Wajib)

Kalau tidak Shalat wajib 5 waktu dalam sehari-semalam, atau 24 jam free (lupa) dari mengingat Allah SWT, menurut hukum ke-Islam-an seorang dilihat dari penampakan lahirnya, ini sama saja dengan orang kufur. Adapun hakikatnya Allah yang lebih tahu. Adakalanya seseorang dari sisi lahirnya adalah Islam namun batinnya kafir. Kekafiran yang ada pada orang Muslim ada dua bentuk yaitu, kufur ridah dan kufur nifak. Kufur ridah terjadi pada orang Muslim yang menampakkan kekafiran, sedangkan kufur nifak terjadi pada orang Muslim yang menyembunyikan kekafiran. Tapi jika dia beragama Islam namun tidak Shalat sama sekali, sungguh tidak ada bedanya dengan kafir atau keluar dari garis Islam. Sementara pembeda antara seorang Muslim dan kafir adalah Shalatnya.

Berdasarkan Sabda Rosulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam SHALALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM, yang diriwayatkan oleh para Sahabat, Beliau mengatakan bahwa tubuh manusia terdiri dari 360 ruas sendi dimana tiap-tiap sendi tersebut perlu untuk disedekahi melalui Shalat 2 rakaat di waktu Dhuha. Untuk orang tipe ini (Meninggalkan Shalat Wajib), Jangankan ibadah Shalat Dhuha, Shalat 5 waktu pun tidak dipedulikan, sehingga kita asumsikan tabungan dosanya adalah sebagai berikut : 360 (banyaknya ruas sendi manusia menurut hadits Rosulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam SHALALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM) x 17 (Rakaat Shalat wajib yang ditinggalkan) x 24 (waktu yang Allah anugrahkan dalam sehari-semalam) = 146.880 Jam atau 528.768.000 detik atau point dosa setiap hari.

Jika kita diberikan umur oleh Allah SWT 60 Tahun, dan kewajiban Shalat ditetapkan sejak umur 10 Tahun (Aqil Baligh), dan kita tidak pernah Shalat selama 50 Tahun, maka tabungan dosa akhirat kita :

528.768.000 (point dosa meninggalkan Shalat wajib) x 30 (Hari dalam sebulan) x 12 (Jumlah Bulan dalam setahun) x 50 ( Lamanya Tahun dia tidak Shalat) = 9.517.824.000.000 point dosa. Atau setara dengan 26.438.400.000 jam atau setara dengan 1.101.600.000 hari dan setara dengan 36.720.000 bulan atau 3.060.000 tahun.

Selama 3.060.000 Tahun (ukuran bumi) itu pula kita akan dihukum di akhirat (karena jika Muslim, dan sebesar apapun dosanya asal bukan syirik akan dikembalikan ke surga namun ‘digojlok’ dulu di neraka (na’udzubillah). Adapun hukuman di akhirat akibat kita tidak Shalat adalah 3.060 Tahun akhirat, karena 1 hari di akhirat sama dengan 1000 Tahun di bumi (AL-Qur’an dan Hadits).

 “ Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu” (QS Al Hajj : 47)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s